PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN
resume
PANDANGAN ILMIAH TENTANG MANUSIA DAN
IMPLIKASI PENDIDIKANNYA
Dosen Pengajar : Ibu. Nani Yulianti
Di Susun Oleh :
·
ARY
NURYANTI (130210402067)
·
YULIAS
ANGGRAENI (130210402072)
Universitas Jember
Fakultas Keguruan Dan ilmu pendidikan
Program
Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Tahun
ajaran 2013 – 2014
A.Padangan
Ilmiah Tentang Manusia dan Implikasi Pendidikannya.
1.Antropologi Biologis atau Fisik
A. Batasan
Antropologi adalah studi tentang asal usul perkembangan,karakteristik
, jenis (spesies) manusia atau studi tentang
ras manusia.
Bila d€ipandang dari antropologi manusia adalah homo sapiens
merupakan puncak evolusi organis dari makhluk hidup yang ada di muka bumi ini.
Homo sapiens dalam kedudukannya yang paling teratas dari mkhluk-makhluk lain.
Hal ini dapat dilihat bahwa homo sapiens tidak dimiliki-ciri
seperti pada makluk lainya. Diantaranya dapat berjalan tegak, mempunyai otot
yang besar dan komplek, dapat hidup dalam berbagai lingkungan , dan periode
kehamilan yang panjang dan anak yang lahir tak berdaya
B. Karakteristik
Manusia
adalah homo sapiens :
1.Puncak evolusi organik dari makhluk hidup .
2.Kedudukanya dalam klasifikasi makhluk hidup.
a.Dunia : Binatang
b.Phylum : Chordata
c.Kelas : Mamalia
d.Orde : Primata
e. Family : Hominidae
f. Genus : Homo
g. Spesies : Sapiens
3. Ciri – ciri khas :
a. Berjalan tegak (bipedal
locomotion).
b. Mempunyai otak yang
besar dan kompleks.
c. Hewan yang
tergeneralisasi dapat hidup dalam
berbagai lingkungan.
d. Periode kehamilan yang
panjang dan anak lahir tak berdaya.
C. Implikasi dalam Praktek Pendidikan
Konsep –
konsep antropologi biologis menjadi landasan pedidikan (Landasan AntropologisPendidikan)
1. Keharusan dan kemungkinan pendidikan.
2. Keragaman praktek pedidikan, baik dalam sejarah manusia maupun dalam bentuk praktekpendidikan dalam suatu zaman.
D. Implikasi dalam Pegembangan Teori Pendidikan :
Lahir dan berkembangnya
atropologi pedidikan
2. Antropologi Budaya
A. Batasan
Antropologi
sosial budaya mempergunakan teknik - teknik riset historis oservasi, wawacara dalam
studi orang yang hidup sekarang.(beals,1977:1)
B. Karakteristik
1. Manusia
adalah organisme sosial budaya.
Budaya adalah seperangkat cara hidup (berfikir dan berbuat) yang
diperoleh melalui proses belajar, yang
memberi ciri pada setiap keputusan kelompok.
2. Komponen
utama budaya
a. Sebuah
kelompok atau masyarakat
b. Sebuah
lingkungan dalam kelompok atau masyarakat
c. Sebuah
budaya material
d. Sebuah
tradisi budaya
e. Kegiatan
kegiaatan dan perilaku manusia
3.Karakteristik umum
budaya
a. Tingkah
laku kultural yang di pelajari
b. Tingkah
laku kultural
c. Pola - pola terorganisasi dalm
pola pola tingkah lakubuaya di ajarkan orang dan berlangsung dari satu geerasi
ke generasi lainnya
d. Budaya
mempunyai aspek material dan non material
e .Budaya
tersebar secara seragam oleh anggota masyarakat
f. Tingkah
laku kultural menjadi sebuah cara hidup
g. Budaya
terus menerus berubah
C. Implikasi dalam Praktek Pendidikan
Konsep -konsep
antropologi sosiol budaya menjadi
landasan pedidikan (landasan atropologis pendidikan)
1. Keharusan
dan keunkinan pendidikan
2. Keragaman
kegiatan pendidikan berdasarkan sistem budaya, kesatuan budaya regional, dan kelompok subkultur
3.
Pendidikan adalah enkulturasi (
proses pemindahan budaya dari generasi ke generasi
D. Implikasi dalam
Pegembangan Teori Pendidikan.
1. Lahir dan berkembagnya atropologi pedidikan yang di pelopori
oleh Frans Boa dan Margareth Mead
2. Adanya kebutuhan Antropologi
filsafat anak ( pandangan tentang hakekat khuluk atau karateristik anak)
3.Psikologi
A. Batasan
Psikologi adalah studi tentang kegiatan kegiatan atau tingkah laku
individu dalam keseluruhan ruang hidupnya, jadi dalam kandungan sampai balita, dari masa kanak kanak sampai masa dewasa,
serta masa tua
B. Karakteristik
Individu yang belajar (callahan &
clark,hlm : 191- 194)
1. Unik (ada perbedaan
individual)
2. Banyak kesaman daripada
perbedaannya.
3. Mempunyai berbagai
diri.
4. Sebuah orgaisme total.
5. Mempunyai kesiapan
bertindak.
6. Mempunyai tugas- tugas
perkembangan.
7. Mempunyai berbagai
kebutuhan
8. Mempunyai kecenderungan
- kecenderungan umum dalam bertingkah laku.
9. Mempunayi tujuan - tujuan khusus.
10 . Merupakan motivator-
motivator dirinya sendiri.
C. Implikasi dalam Praktek Pendidikan
1. Konsep -
konsep psikologis tentang individu menjadi dasar pelaksaan proses kegiatan
belajar mengajar ( Landasan Psikologis Pendidikan).
2. Pendidikan : Individualisasi ( proses pengembangan individu).
D. Implikasi dalam
Pengembangan Teori Pendidikan
1. Lahir dan berkembangnya
psikologi pendidikan yang dipelopori oleh Thorndike.
2. Lahir dan
berkembangnyaa aliran pebaharuan pendidikan yang disebutDevelopmentalisme atau “Psychological
Tendency In Education “
4. Sosiologi
A. Batasan
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang stuktur
sosial.
B. Karakteristik masyarakat
1. menurut
pandangan ilmiah Manusia adalah animal sociale artinya binatang yang hidup bermasyarakat manusia
2. Masyarakat adalah :
a. Pengalaman kita dengan
oranglain di sekitar kita ( Berger & Berger)
b. Tingkah laku kelompok, hubungan
- hubungan di antara manusia, dan faktor - faktor yang tetamasuk dan terjadi di
dalam hubungan - hubungan manusia
( Ginsberg)
c. Interaksi - interaksi dan interelasi -
interelasi manusia( Barlett,dkk)
d. Sebuah sistem yangterbentuk dari cara- cara dan prosedur -
prosedur, kekuasaan dan bantua timbal
balik, pengelompokan - pengelompokan dan
pembagian - pembagian , pengawasan -
pengawasan dan kebebasan - kebebasan.
e. Sebuah kelopok dengan sustu budaya yang terorhanisasi untuk meberikan
kepiasan bagi kebutuhan - kebutuan dan
kepentingan - kepentingan semua orang,
dalam arti sempit adalah struktur sosial (reading) .
3. Komponen - komponen
masyarakat
a. Morfologi sosial : penyelidikan
pada jumlah dan kulitas penduduk , studi struktur sosial . deskripsi dan
klasifikasi kelompok sosial.
b. Kontrol social : study
mengenai hukum, moral, agama,
c. Proses sosial.
d. Patologi sosial
4. Komponen – komponen masyarakat
a . Organisasi sosial
b. Budaya
c. Sosialisasi
d. Kelompok - kelompok
primer
e. Stratifikasi sosial
f. Asosiasi (perkumpulamn)
g. Tingkah laku kolektif
h. Penduduk dan Ekologi
C. Implikasi dalam Praktek Pendidikan
1. Konsep - konsep sosiologi tetang manusia menjadi dasar penyelenggaraan
pendidikan ( Landasan Sosiologis Pendidikan)
2. Masyarakat sebagai ekologi pendidikan atau
sebagai lingkungan tempat berlangsungnya pendidikan.
3. Pendidikan - sosialisasi
D. Implikasi dalam Pegembangan Teori Pendidikan
1. Mendorong
lahir dan berkembangnya sosiologi pendidikan.
2. Mendorong lahir dan
berkembangnya ilmu pendidikan kependudukan
3. Medorong
lahir dan berkembangnya akitan sosiologis pendidikan, atau sosiologikal tendency
in efucation,yang lebih menekankan konsep pendidikan pada proses sosialisasi
dari pada individualisasi.
5.Politika (Ilmu Politik)
A. Batasan
Politika adalah study tentang pemerintahan negara
B. Karakteristik Pemerintahan
Negara
1. Manusia sebagai Animal
Politicon (Binatang yang hidup berpolitik)
2. Bidang - bidang ilmu
politik
a. Teory politik.
b. Lembaga - lembaga .
c. Partai - partai politik, kelompok -kelompok, dan pendapat umum.
d. Hubungan -hubungan internasional.
C. Implikasi dalam Praktek Pendidikan
1. Konsep - konsep
politika menjadi dasar penyelenggaraan pengelolaan pendidikan makro nasional
(Landasan Politikal Pendidikan).
2. Terjalinnya kerjasama
internasional dalam bidang pendidikan.
3 . Pendidikan -
Civilisasi (Proses menjadi warga negara yang diharapkan).
4. Pendidikan kewarganegaraan mempunyai kedudukan dan
peranan yang penting.
5. Pendidikan politik.
D. Implikasi dalam Pengembangan Teori Pendidikan
1. Lahir dan berkembangnya
politika pendidikan /pendidikan.
2. Lahir dan berkembangnya
studi pedidikan internasional (auslandpedagogik).
6.Ekonomi
(Ilmu Ekonomi)
A.Batasan
Akonomika
adalah ilmu yang mempelajari tentang upaya manusia memperoleh kemakmuran
materiil manusia.
B.Karakteristik Ekonomi
1. Manusia :animal
economicus , binatang yang terus berusaha memperoleh kemakmuran materil.
2. Bidang Ekonomi
a. Konsumsi
b. Produksi
c. Distribusi
d. Pertumbuhan sepanjang
waktu
3. Satuan Ekonomi
a. Ekonomi mikro
b. Ekonomi makro
C.Implikasi dalam Praktek Pendidikan
1. Konsep –
konsep ekonomik menjadi dasar atau landasan pendidikan (landasan ekonomikal
pendidikan
2. Kondisi ekonomi
mempengaruhi kemampuan dan kegiatan pendidikan
3. Pendidikan
: penanaman modal dalam sumber daya
manusia atau human investment , ditinjau dari ekonomi makro
4 . Pendidikan =
profesionalisasi ,ditinjau dari ekonomi mikro
D. Implikasi dalam Pengembangan Teori Pendidikan
1.Lahir dan berkembangnya
ekonomika pendidikan
2.Lahir dan berkembana
studi pendidikan dan pembangunan .
Komentar
Posting Komentar