Pandangan Ilmiah Tentang Manusia Dan Implikasi pendidikannya

 RESUME
PANDANGAN ILMIAH TENTANG MANUSIA DAN
IMPLIKASI PENDIDIKANNYA

Dosen Pengajar : Ibu. Nani Yulianti


Di Susun Oleh :

·         ARY NURYANTI                            (130210402067)
·         YULIAS ANGGRAENI                   (130210402072)


Universitas Jember
Fakultas Ilmu Pendidikan Dan Keguruan
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia
Tahun ajaran 2013 – 2014
A.Padangan Ilmiah Tentang Manusia dan Implikasi Pendidikannya.
1.Antropologi Biologis atau Fisik
     A. Batasan
Antropologi  adalah studi tentang asal usul perkembangan,karakteristik ,  jenis (spesies) manusia atau studi tentang ras manusia.
Bila dipandang dari antropologi manusia adalah homo sapiens merupakan puncak evolusi organis dari makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Homo sapiens dalam kedudukannya yang paling teratas dari mkhluk-makhluk lain.
Hal ini dapat dilihat bahwa homo sapiens tidak dimiliki-ciri seperti pada makluk lainya. Diantaranya dapat berjalan tegak, mempunyai otot yang besar dan komplek, dapat hidup dalam berbagai lingkungan , dan periode kehamilan yang panjang dan anak yang lahir tak berdaya

B. Karakteristik
            Manusia adalah homo sapiens :
1.Puncak evolusi organik dari makhluk hidup .
2.Kedudukanya dalam klasifikasi makhluk hidup.
a.Dunia : Binatang
b.Phylum : Chordata
c.Kelas : Mamalia
d.Orde : Primata
e. Family     : Hominidae
f. Genus : Homo
g. Spesies : Sapiens

3. Ciri – ciri  khas :
a. Berjalan tegak (bipedal locomotion).
b. Mempunyai otak yang besar dan kompleks.
c. Hewan yang tergeneralisasi  dapat hidup dalam berbagai lingkungan.
d. Periode kehamilan yang panjang dan anak lahir tak berdaya.
C. Implikasi dalam Praktek Pendidikan
Konsep – konsep antropologi biologis menjadi landasan pedidikan (Landasan AntropologisPendidikan)
      1. Keharusan dan kemungkinan pendidikan.
2. Keragaman praktek pedidikan,  baik dalam sejarah manusia maupun dalam  bentuk  praktekpendidikan dalam suatu zaman.
D. Implikasi dalam Pegembangan Teori Pendidikan :
Lahir dan berkembangnya atropologi pedidikan
2. Antropologi Budaya
A. Batasan
Antropologi sosial budaya mempergunakan teknik - teknik riset historis oservasi, wawacara dalam studi orang yang hidup sekarang.(beals,1977:1)
B. Karakteristik
1. Manusia adalah organisme sosial budaya.
Budaya adalah seperangkat cara hidup (berfikir dan berbuat) yang diperoleh melalui proses belajar,  yang memberi ciri pada setiap keputusan kelompok.
2. Komponen utama budaya
a. Sebuah kelompok atau masyarakat
b. Sebuah lingkungan dalam kelompok atau masyarakat
c. Sebuah budaya material
d. Sebuah tradisi budaya
e. Kegiatan kegiaatan dan perilaku manusia
3.Karakteristik umum budaya
a. Tingkah laku kultural yang di pelajari
b. Tingkah laku kultural
c. Pola -  pola terorganisasi dalm pola pola tingkah lakubuaya di ajarkan orang dan berlangsung dari satu geerasi ke generasi lainnya
d. Budaya mempunyai aspek material dan non material
e .Budaya tersebar secara seragam oleh anggota masyarakat
f. Tingkah laku kultural menjadi sebuah cara hidup
g. Budaya terus menerus berubah
C. Implikasi dalam Praktek Pendidikan
Konsep -konsep antropologi sosiol  budaya menjadi landasan pedidikan (landasan atropologis pendidikan)
1. Keharusan dan keunkinan pendidikan
2. Keragaman kegiatan pendidikan berdasarkan sistem budaya, kesatuan budaya regional, dan  kelompok subkultur
3. Pendidikan adalah enkulturasi ( proses pemindahan budaya dari generasi ke generasi


D. Implikasi dalam Pegembangan Teori Pendidikan.
1. Lahir dan berkembagnya atropologi pedidikan yang di pelopori oleh Frans Boa dan Margareth Mead
2. Adanya kebutuhan Antropologi filsafat anak ( pandangan tentang hakekat khuluk atau karateristik anak)

3.Psikologi
A. Batasan
Psikologi adalah studi tentang kegiatan kegiatan atau tingkah laku individu dalam keseluruhan ruang hidupnya, jadi dalam kandungan sampai balita,  dari masa kanak kanak sampai masa dewasa, serta masa tua
B. Karakteristik
Individu yang belajar (callahan & clark,hlm : 191- 194)
1. Unik (ada perbedaan individual)
2. Banyak kesaman daripada perbedaannya.
3. Mempunyai berbagai diri.
4. Sebuah orgaisme total.
5. Mempunyai kesiapan bertindak.
6. Mempunyai tugas- tugas perkembangan.
7. Mempunyai berbagai kebutuhan
8. Mempunyai kecenderungan - kecenderungan umum dalam bertingkah laku.
9.  Mempunayi tujuan - tujuan khusus.
10 . Merupakan motivator- motivator dirinya sendiri.
C. Implikasi dalam Praktek Pendidikan
1. Konsep - konsep psikologis tentang individu menjadi dasar pelaksaan proses kegiatan belajar mengajar ( Landasan Psikologis Pendidikan).
2. Pendidikan : Individualisasi  ( proses pengembangan individu).
D. Implikasi dalam Pengembangan Teori Pendidikan
1. Lahir dan berkembangnya psikologi pendidikan yang dipelopori oleh Thorndike.
2. Lahir dan berkembangnyaa aliran pebaharuan pendidikan yang disebutDevelopmentalisme  atau  “Psychological Tendency In Education “

4. Sosiologi
A. Batasan
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang stuktur sosial.

B. Karakteristik masyarakat
1. menurut pandangan ilmiah Manusia adalah animal sociale artinya binatang yang hidup bermasyarakat manusia
2. Masyarakat adalah :
a. Pengalaman kita dengan oranglain di sekitar kita ( Berger & Berger)
b. Tingkah laku kelompok,  hubungan - hubungan di antara manusia, dan faktor - faktor yang tetamasuk dan terjadi di dalam hubungan - hubungan manusia
     ( Ginsberg)
c.  Interaksi - interaksi dan interelasi - interelasi manusia( Barlett,dkk)
d. Sebuah sistem yangterbentuk dari cara- cara dan prosedur - prosedur,  kekuasaan dan bantua timbal balik,  pengelompokan - pengelompokan dan pembagian - pembagian  , pengawasan - pengawasan dan kebebasan - kebebasan.
e. Sebuah kelopok dengan sustu budaya yang terorhanisasi untuk meberikan kepiasan  bagi kebutuhan - kebutuan dan kepentingan - kepentingan semua orang,  dalam arti sempit adalah struktur sosial (reading) .
3. Komponen - komponen masyarakat
a. Morfologi sosial : penyelidikan pada jumlah dan kulitas penduduk , studi struktur sosial . deskripsi dan klasifikasi kelompok sosial.
b. Kontrol social : study mengenai hukum, moral, agama,
c. Proses sosial.
d. Patologi sosial
4. Komponen – komponen masyarakat
a . Organisasi sosial
b. Budaya
c. Sosialisasi
d. Kelompok - kelompok primer
e. Stratifikasi sosial
f.  Asosiasi (perkumpulamn)
g. Tingkah laku kolektif
h. Penduduk dan Ekologi


C. Implikasi dalam Praktek Pendidikan
1. Konsep - konsep sosiologi tetang manusia menjadi dasar penyelenggaraan pendidikan ( Landasan Sosiologis Pendidikan)

2.  Masyarakat sebagai ekologi pendidikan atau sebagai lingkungan tempat berlangsungnya pendidikan.
3.  Pendidikan - sosialisasi

D. Implikasi dalam Pegembangan Teori Pendidikan
1. Mendorong lahir dan berkembangnya sosiologi pendidikan.
2. Mendorong lahir dan berkembangnya ilmu pendidikan kependudukan
3. Medorong lahir dan berkembangnya akitan sosiologis pendidikan, atau sosiologikal tendency in efucation,yang lebih menekankan konsep pendidikan pada proses sosialisasi dari pada individualisasi.

5.Politika (Ilmu Politik)
A. Batasan
             Politika adalah study tentang pemerintahan  negara
B. Karakteristik  Pemerintahan Negara
1. Manusia sebagai Animal Politicon (Binatang yang hidup berpolitik)
2. Bidang - bidang ilmu politik
a. Teory politik.
b. Lembaga - lembaga .
c. Partai - partai politik,  kelompok -kelompok, dan pendapat umum.
d. Hubungan -hubungan internasional.

C. Implikasi dalam  Praktek Pendidikan
1. Konsep - konsep politika menjadi dasar penyelenggaraan pengelolaan pendidikan makro nasional (Landasan Politikal Pendidikan).
2. Terjalinnya kerjasama internasional dalam bidang pendidikan.
3 . Pendidikan - Civilisasi (Proses menjadi warga negara yang diharapkan).
4. Pendidikan  kewarganegaraan mempunyai kedudukan dan peranan yang penting.
5. Pendidikan politik.

D. Implikasi dalam Pengembangan Teori Pendidikan
1. Lahir dan berkembangnya politika pendidikan /pendidikan.
2. Lahir dan berkembangnya studi pedidikan internasional (auslandpedagogik).

6.Ekonomi (Ilmu Ekonomi)
A.Batasan
Akonomika adalah ilmu yang mempelajari tentang upaya manusia memperoleh kemakmuran materiil manusia.
                                                           
B.Karakteristik Ekonomi
1. Manusia :animal economicus , binatang yang terus berusaha memperoleh kemakmuran materil.
2. Bidang Ekonomi
a. Konsumsi
b. Produksi
c. Distribusi
d. Pertumbuhan sepanjang waktu
3. Satuan Ekonomi
a. Ekonomi mikro
b. Ekonomi makro

C.Implikasi dalam Praktek Pendidikan
1. Konsep – konsep ekonomik menjadi dasar atau landasan pendidikan (landasan ekonomikal pendidikan
2. Kondisi ekonomi mempengaruhi kemampuan dan kegiatan pendidikan
3. Pendidikan :  penanaman modal dalam sumber daya manusia atau human investment , ditinjau dari ekonomi makro
4 . Pendidikan = profesionalisasi ,ditinjau dari ekonomi mikro

D. Implikasi dalam Pengembangan Teori Pendidikan
1.Lahir dan berkembangnya ekonomika pendidikan
2.Lahir dan berkembana studi pendidikan dan pembangunan .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hambatan Dalam Menyimak